.post img { vertical-align:bottom; max-width:100%; max-height:100% }

07/01/22

Aliansi Masyarakat Bonsel Gelar Aksi Tuntut Pemberhentian Pertambangan Pasir

 

GOWA, TURUNGKA.COM. Aliansi masyarakat Bontonompo Selatan (Bonsel) menggelar aksi lanjutan terkait aktivitas pertambangan dan komersialisasi pasir yang beroperasi di wilayah kecamatan Bontonompo Selatan terkhusus di desa Tindang, Gowa pada kamis (06/01/2022). Mereka menyerukan tuntutannya di depan kantor pemerintah daerah lalu ke DPRD Gowa serta berakhir di depan kantor Polres Gowa.

Aksi di tiga titik tersebut guna menuntut dan menagih janji pemerintah daerah atas aksi yang digelar sebelumnya yang mengatakan bahwa pemerintah akan menindak lanjuti secara tegas serta menghentikan aktivitas oknum-oknum yang melakukan pertambangan dan komersialisasi pasir yang beroperasi di wilayah Bontonompo Selatan ini. 

"Kami meminta kepada pihak terkait dalam hal ini Bupati Kabupaten Gowa, Bapak Adnan Purichta Ichsan, S.H,M.H. membuka suara terkait permasalahan yang sampai hari ini masih terjadi. Karena kita melihat bahwa dari pihak penambang sampai hari ini masih beroperasi dan semakin memperluas wilayah penambangan nya". Tegas Muh. Reza selaku jenderal lapangan dengan penuh berapi-api saat berorasi.

Masyarakat menganggap bahwa pemerintah daerah dan seluruh elemen terkait tidak tegas menjalankan amanat undang-undang nomor 38 tahun 2004 tentang larangan terhadap oknum yang melakukan kegiatan yang merusak jalan umum. Selain pemerintah daerah yang tidak menindak tegas oknum-oknum bermain. Dari pihak kepolisian Kabupaten Gowa juga, seakan-akan buta dan tuli melihat apa yang terjadi di wilayah penugasannya.

"Saat ini jalan di desa Tindang sudah seperti jalan kerbau yang sudah tidak layak lagi di lewati oleh masyarakat, selain itu kami juga takut setelah penggalian tanah dan komersialisasi pasir di desa tindang ini mengakibatkan longsor dan bencana alam lainnya". Tandas dari salah seorang warga yang ikut serta dalam massa aksi tersebut. (Ctz; WN/Ahm).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar